Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi

Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi? Benjolan payudara adalah pembengkakan, tonjolan, tonjolan, atau benjolan lokal di payudara yang terasa berbeda dari jaringan payudara disekitarnya atau jaringan payudara di daerah payudara yang sama.

Sekilas Tentang Benjolan di Payudara

Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi

Benjolan di payudara bisa memiliki banyak penyebab yang berbeda. Sebagian besar disebabkan oleh sesuatu yang tidak berbahaya, seperti pertumbuhan jaringan non-kanker (fibroadenoma) atau pembentukan cairan (kista payudara) . Tapi terkadang mereka bisa menjadi pertanda adanya sesuatu yang serius, seperti kanker payudara .

Benjolan Payudara Non Kanker

Ukuran, perbedaan, dan tekstur benjolan payudara bisa sangat berbeda. Konsistensi dapat membantu dokter untuk mendiagnosis jenis benjolan apa adanya.

Kista Payudara

Kista payudara adalah kantung yang mengandung cairan jinak atau tidak berbau kanker di payudara. Biasanya terasa halus dan kenyal di bawah kulit. Beberapa kista payudara mungkin tidak menimbulkan rasa sakit, sementara yang lain cukup menyakitkan. Kista payudara jarang terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun. Tidak jelas apa penyebab kista payudara, tapi bisa berkembang sebagai respons terhadap hormon yang berhubungan dengan menstruasi.

Kista dapat berkisar dalam ukuran dari sangat kecil, hanya terlihat pada pemindaian ultrasound , sampai antara 2,5 dan 5 sentimeter . Kista besar bisa menekan jaringan lain, dan ini bisa menjadi tidak nyaman. # Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi

Kista sebaceous dapat terjadi jika saluran kelenjar sebasea atau kelenjar menjadi terhalang. Kantung tertutup atau kista bisa terbentuk di bawah kulit. Ini mungkin tumbuh lebih besar akibat cedera atau stimulasi hormon. Kista sebasea biasanya tidak memerlukan perawatan, tapi bisa disingkirkan jika terasa sakit atau mengganggu.

Abses

Abses terkadang berkembang di payudara. Mereka bisa menyakitkan. Mereka tidak kanker, dan biasanya disebabkan oleh bakteri. Di dekatnya kulit payudara bisa menjadi merah, dan bisa terasa panas atau padat. Wanita yang menyusui lebih cenderung mengembangkan abses payudara.

Adenoma

Adenoma adalah pertumbuhan abnormal jaringan kelenjar di payudara. Fibroadenoma adalah jenis adenoma yang paling umum di payudara, dan cenderung mempengaruhi wanita di bawah usia 30 tahun, namun juga dapat terjadi pada wanita yang lebih tua. Mereka menyumbang 50 persen biopsi payudara, tapi biasanya tidak menjadi kanker. # Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi

Mereka bukan kanker dan mereka sering pergi secara spontan. Fibroadenoma umumnya bulat dan kencang dengan batas halus.

Papiloma intraductal

Papiloma intraductal adalah pertumbuhan seperti kutil yang berkembang di saluran payudara. Mereka cenderung berkembang di bawah puting susu. Terkadang ada debit berdarah. Wanita yang lebih muda cenderung memiliki banyak pertumbuhan, sementara wanita yang menjelang menopause biasanya hanya memiliki satu pertumbuhan.

Nekrosis dan lipoma lemak

Jika jaringan lemak di payudara menjadi rusak atau rusak, nekrosis lemak bisa terjadi. Benjolan non kanker bisa terbentuk di payudara. Mereka mungkin menyakitkan. Mungkin ada pelepasan puting susu dan lesung pipi di atas benjolan.

Lipoma adalah benjolan lembut dan tidak berbau yang umumnya bergerak dan tidak menimbulkan rasa sakit. Ini adalah tumor lemak jinak. # Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi

Kanker payudara

Benjolan atau tumor kanker payudara biasanya terasa keras atau kencang. Ini biasanya memiliki bentuk yang tidak teratur, dan mungkin terasa seperti menempel pada kulit atau jaringan dalam di dalam payudara.

Kanker payudara biasanya tidak menyakitkan, terutama pada tahap awal. Ini bisa berkembang di bagian payudara atau puting susu manapun, tapi paling sering terjadi pada kuadran luar bagian atas.

Beberapa tumor ganas sangat menyakitkan. Hal ini bisa terjadi bila jumlahnya besar, dan jika menyebabkan struktur lain di payudara dikompres, atau jika mereka membengkak atau tumbuh melalui kulit.

Lantas, Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi?

Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi

Benjolan di payudara adalah akibat kista atau tumor jinak, maka operasi bukanlah tindakan yang wajib dilakukan. Namun, tindakan biopsi melalui operasi sangat perlu dilakukan bila ditemukan tanda-tanda seperti:

  1. Benjolan teraba keras dan sulit digerakkan,
  2. Benjolan semakin membesar,
  3. Ada perubahan di kulit payudara, seperti kemerahan atau luka yang tak kunjung sembuh,
  4. Keluar darah dari puting payudara,
  5. Puting payudara tertarik ke dalam,
  6. Adanya benjolan di ketiak,
  7. Hasil USG payudara atau mamografi mengarah ke kanker.

Biopsi melalui operasi bertujuan untuk memastikan ada atau tidaknya kanker payudara. Bila terbukti ada, operasi dilanjutkan dengan pengangkatan seluruh jaringan payudara (mastektomi). (Baca juga : Cara Menghilangkan Benjolan di Payudara Tanpa Operasi)

Sekarang Anda sudah tahu faktanya. Jadi, jika Anda menemukan adanya benjolan di payudara, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah benjolan tersebut akibat kanker payudara yang butuh operasi, atau karena kondisi lain yang tidak berbahaya.

Post by : Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*