Benjolan di Payudara Saat Menyusui

Benjolan di Payudara Saat Menyusui Benjolan payudara adalah kekhawatiran setiap saat, tapi bisa sangat umum saat menyusui, terutama benjolan yang datang dan pergi. Alasan untuk benjolan yang lebih persisten meliputi pembengkakan, saluran tersumbat, dan mastitis. Jika pembengkakan atau mastitis tidak segera diobati, ini bisa menyebabkan abses payudara.

Benjolan Pada Payudara Saat Menyusui: Kenali Ciri Benjolan yan Berbahaya

Benjolan di Payudara Saat Menyusui

Keluhan benjolan pada payudara sebesar kelereng pada payudara dan terjadi saat Anda sedang menyusui,dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti radang kelenjar susu(mastitis), galaktokel, tumor jinak dan lain sebagainya. Pada radang kelenjar susu(mastitis) dapat memberikan gejala seperti terdapat gumpalan(teraba sebagai benjolan) yang terasa nyeri di payudara, kulit kemerahan, nyeri pada payudara yang disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara serta demam. (Baca juga : Cara Menghilangkan Benjolan di Payudara Tanpa Operasi)

Galaktokel adalah kista yang berisi susu yang terjadi pada wanita yang sedang hamil atau menyusui. Kista adalah ruang berisi cairan yang dibatasi sel-sel glandular. Kista terbentuk dari cairan yang berasal dari kelenjar payudara. Seperti kista lainnya, galaktokel tidak bersifat seperti kanker. Biasanya galaktokel tampak rata, benjolan dapat digerakkan, walaupun dapat juga keras dan susah digerakkan. Benjolan tersebut bisa diakibatkan karena sumbatan saluran air susu.

Penyebab Umum Benjolan Payudara Saat Menyusui

Pembengkakan

Beberapa pembengkakan (payudara tender lembut) saat susu Anda masuk pertama dan dalam beberapa minggu pertama bisa sangat normal, tapi payudara tidak halus bengkak di lain waktu mungkin berarti bayi Anda tidak menguras susu dari semua area payudara.

Saluran Susu yang Tersumbat

Duktus susu yang tersumbat atau tersumbat mencegah agar susu mengalir bebas di area payudara dan dapat menyebabkan rasa sakit lokal dan benjolan atau pembengkakan.

Mastitis

Jika engorgement atau saluran tersumbat tidak segera diobati, ibu mungkin akan mendapat gejala mastitis-radang payudara. Ini akan sangat menyakitkan dan bisa menyebabkan ibu merasa tidak sehat dengan gejala tipe flu seperti merasakan achey dan menggoyangkannya. Waktu tidak diobati, mastitis dapat dikaitkan dengan infeksi yang membutuhkan perawatan antibiotik.

Abses payudara

Abses biasanya akan terasa sebagai benjolan yang menyakitkan dan bengkak di dalam payudara, dan seorang ibu mungkin memiliki suhu tinggi. Abses adalah kantong nanah dan lebih mungkin berkembang setelah pembengkakan atau mastitis yang menyakitkan yang tidak segera diobati.

Penyebab Langka Benjolan Payudara Saat Menyusui

Kanker Payudara

Sangat jarang benjolan menjadi pertanda kanker terutama saat Anda sedang menyusui tapi selalu mendapat saran medis jika benjolan itu masih ada setelah seminggu 5 , dan terutama jika semakin besar, tidak bergerak, kencang dan keras. , atau jika ada dimpling pada kulit. (Baca juga : Benjolan di Payudara Apakah Perlu Dioperasi?)

Ringkasan

Benjolan payudara yang masuk dan masuk di payudara atau bahkan ketiak tidak biasa saat menyusui. Kemungkinan penyebab benjolan terkait ASI termasuk pembengkakan, saluran tersumbat, mastitis, dan galaktokel. Sangat jarang benjolan menjadi abses payudara atau tanda kanker tapi penting untuk mendapat saran medis jika benjolan tersebut masih ada atau bertambah dalam ukuran setelah sekitar satu minggu untuk mengaturnya. Sebagian besar tes diagnostik kompatibel dengan menyusui.

Posted by : manfaat jelly gamat emas

Benjolan di Payudara Saat Menyusui

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*